Rabu, 09 Oktober 2013

PT XL Axiata Tbk


Perusahaan yang bergerak dibidang IT menurut pengamatan saya yaitu PT XLAxiata Tbk (dahulu PT Excelcomindo Pratama Tbk), atau disingkat XL, adalah sebuah perusahaan operator telekomunikasi seluler di Indonesia. XL mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 8 Oktober 1996, dan merupakan perusahaan swasta pertama yang menyediakan layanan telepon seluler di Indonesia.

PT. XL AXIATA  didirikan pada tahun 1995 sebagai wujud semangat inovasi untuk mengembangkan telekomunikasi Indonesia yang terdepan. Untuk  mencapai visi tersebut, PT. XL AXIATA terus memacu pertumbuhan jaringan telekomunikasi di seluruh penjuru Indonesia secara pesat sekaligus memberdayakan masyarakat. PT. XL AXIATA menjadi pelopor untuk berbagai teknologi telekomunikasi selular di Indonesia, termasuk yang pertama meluncurkan layanan roaming internasional dan layanan 3G di Indonesia. PT. XL AXIATA  merupakan operator yang pertama kali melakukan ujicoba teknologi jaringan pita lebar LTE. Di kawasan Asia, PT. XL AXIATA menjadi pelopor penggunaan energi terbarukan untuk menara-menara Base Transceiver Station (BTS). Keunggulan produk dan layanannya menjadikan PT. XL AXIATA sebagai pilihan utama pelanggan di seluruh Indonesia.

Memasuki era ICT (Information and Communication Technology), PT. XL AXIATA terus mengoptimalkan pengembangan layanan di Indonesia dengan memanfaatkan potensi sinergi perusahaan induk yaitu PT Telkom (65%) dan SingTel Mobile (35%). PT. XL AXIATA terus mengembangkan layanan telekomunikasi selular untuk mengukuhkan posisi sebagai penyedia layanan gaya hidup selular, a truly mobile lifestyle. XL Axiata menjadi yang terbaik di wilayah Asia, dan dimiliki secara mayoritas oleh Axiata Group Berhad dengan saham sebesar 66,55% dan selebihnya menjadi milik publik dengan saham sebesar 33,45%.
Dari PT. XL AXIATA untuk Indonesia.



XL memiliki dua link produk GSM, yaitu XL Prabayar dan XL Pascabayar. Selain itu XL juga menyediakan layanan korporasi yang termasuk Internet Service Provider (ISP) dan VoIP.

  • Kartu XL Prabayar merupakan peleburan dari 3 produk prabayar XL sebelumnya, yaitu 'ProXL, Bebas, Jempol, dan Jimat. Peleburan menjadi satu lini produk ini merupakan upaya XL untuk memangkas biaya pemasaran Jempol yang memiliki perkembangan kurang siginifikan jika dibandingkan dengan Bebas. Peleburan ini diawali pada 1 Agustus 2007 dengan menyatukan voucher isi ulang untuk kedua produk dan diresmikan pada 1 Januari 2008 dengan peluncuran merek XL Prabayar. Pelanggan XL Prabayar mendapat nomor dengan awalan 0817, 0818, 0819, 0859, 0878, dan 0877.
  • Kartu Perdana ProXLPro XL Logo.svg, diluncurkan pertama kali pada tanggal 31 Desember 1997 setelah berakhir pada tanggal 1 Juni 2004 ProXL mengubah nama menjadi XL. dengan tambahan fitur dan layanan. Bebas difokuskan dalam memberikan kemurahan tarif percakapan suara. Dalam perkembangannya, Bebas selalu memberikan tarif promosi percakapan suara yang bervariasi, mulai dari Rp25/detik, Rp10/detik, Rp1/detik, Rp0,1/detik, Rp600

  • Kartu Perdana BebasKartu bebas.jpg diluncurkan pertama kali pada tanggal 1 Juni 2004. Produk ini merupakan kelanjutan produk XL sebelumnya,

 

  • Kartu Perdana JempolKartu jempol.jpg diluncurkan pertama kali pada tanggal 1 Juni 2004. Jempol awalnya merupakan produk prabayar versi murah dari XL dengan menerapkan tarif hemat Rp99/SMS untuk SMS ke sesama XL dan Rp399/menit untuk percakapan suara ke nomor telepon rumah. Jempol juga sempat memberikan kemurahan tarif percakapan suara ke beberapa negara (yang kemudian dikembangkan menjadi produk tersendiri, Jimat). Dalam perkembangannya, Jempol semakin difokuskan untuk memberikan tarif yang murah dalam layanan pesan singkat (SMS), terakhir dengan tarif Rp45/sms ke semua operator. Perkembangan Jempol sangat kurang jika dibandingkan dengan Bebas, hanya menyumbang sekitar 25% dari total pendapatan produk prabayar XL.

  • Kartu Perdana Jimat diluncurkan pertama kali pada pertengahan tahun 2006. Jimat adalah produk prabayar pertama di Indonesia yang menyediakan layanan telekomunikasi internasional dengan tarif yang sangat hemat dan murah. Perkembangan Jimat juga bernasib sama dengan Jempol.

  • Kartu XL Pascabayar sebelumnya dikenal dengan nama Xplor. Perubahan ini seiring dengan restrukturisasi lini produk XL dimana hanya ada 1 lini produk masing-masing untuk prabayar dan pascabayar.
 
Transformasi
Teknologi berada dalam fase percepatan yang terus mendorong kita pada era digital global. Perubahan demi perubahan mutlak dilakukan agar kami tetap berada dalam momentum adaptasi yang terfokus pada masa depan. Menjadikan layanan dan kultur data sebagai pondasi organisasi untuk pengembangan struktur bisnis yang kuat.


Nilai


XL Axiata memiliki visi untuk menjadi operator seluler nomor satu di Indonesia, yang diwujudkan dalam
bentuk komitmen untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, pemegang saham, serta karyawan-karyawannya. Motto "It's XL", yaitu integritas, kerja sama, dan pelayanan prima, menjadi kunci utama bagi XL Axiata untuk memenuhi komitmennya. PT XL Axiata Tbk telah beroperasi di industri telekomunikasi selama lebih dari satu dekade, dan merupakan salah satu operator seluler terkemuka di Indonesia.


Nilai-nilai XL Axiata

1. Integritas
Selain dapat dipercaya dan selalu mematuhi etika profesi dan bisnis, segenap jajaran pimpinan dan karyawan XL Axiata harus:

  • Jujur dalam berbicara dan bertindak. 
  • Konsisten antara pikiran, perkataan, dan perbuatan. 
  • Adil dalam memperlakukan pihak lain. 
  • Berdedikasi terhadap perusahaan. 
  • Dapat dipercaya dalam mengemban amanat maupun menjalankan tugas.
2. Kerja Sama
Saling mendukung dan secara aktif terlibat dalam mencapai tujuan bersama, karena tidak semua pekerjaan dapat dilakukan secara individual. Selain itu, kerja sama memungkinkan kita untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi, dan agar dapat berlangsung efektif, segenap karyawan XL Axiata harus:
  • Selalu berpikir positif dan terbuka terhadap masukan orang lain. 
  • Menghargai perbedaan. 
  • Peduli terhadap pihak lain. 
  • Komunikatif dalam membangun pengertian yang sama. 
  • Berbagi pengetahuan dan keterampilan. 
  • Fokus kepada tujuan bersama.
 3. Pelayanan Prima
Sepenuh hati memberikan solusi terbaik untuk memenuhi harapan pelanggan, tidak hanya pelanggan eksternal yang berada di luar perusahaan, tetapi termasuk juga pelanggan internal yang mencakup rekan kerja, atasan atau bawahan, dan unit kerja lain di XL Axiata. Dalam usaha memberikan pelayanan prima, para karyawan XL Axiata harus:
  • Fokus kepada pelanggan dalam setiap pengambilan keputusan dan tindakan. 
  • Berorientasi pada solusi terbaik. 
  • Efisien dan efektif dalam menghasilkan solusi. 
  • Sepenuh hati dalam menjalankan tugas. 
  • Berorientasi pada kualitas atas produk dan layanan yang diberikan. 
  • Proaktif dalam bertindak.Inovatif dan kreatif dalam memberikan solusi. 
Strategi 

·    Kami berambisi pada kepemimpinan layanan teknologi seluler, selalu berpikiran terbuka dan fleksibel pada perubahan. XL adalah masa depan yang bisa dimiliki oleh setiap orang di saat ini. Kami merangkul setiap individu dalam perusahaan untuk bersama memimpin masa depan.


XL adalah satu-satunya operator seluler yang memiliki jaringan serat optik terluas. Yang membuat kami menjadi yang pertama di Indonesia dalam menyediakan layanan telekomunikasi berbasis 3G. XL telah berhasil meraih berbagai penghargaan serta pengakuan dari industri telekomunikasi dan pemerintah sebagai bukti komitmen bisnis kami.


Penghargaan Yang Diraih XL Sepanjang 2013

Sepanjang tahun 2013, XL menerima banyak penghargaan sebagai bukti pengakuan dari berbagai kalangan. Berikut penghargaan yang telah diraih XL sepanjang tahun 2013: 

  • Best Leader, Best Operation Manager, Best Recruitment Campaign, Best IT Support  

                The Contact Center World Asia Pacific 

  • Contact Center Service Excellence Award 2013 Grade: Excellent 

                  Carre CCSL 

  • Telecom Asia Awards - Best Operator in Emerging Market Kategori: The Best Emerging Market Carrier 
    Telecom Asia 
  • Most Admired Companies 2013   
          The Third Winner in Infrastructure, Utilities, and Transportation Industry           Fortune Indonesia. 
  • Service Quality Awards 2013, Peringkat: EMAS   
          Kategori: Industri Telco Selular – GSM           Carre-Center for Customer Satisfaction & Loyalty (Carre-CCSL) dan Service Excellence Magazine 
  • Best Social Media Program of The Year, Best Use of Knowledge Management, Customer Relationship Excellence Awards 
           APCSC (Asia Pacific Customer Service Consortium) 
  • Digital Business Leader 
          Hasnul Suhaimi - XL Chief Executive Officer 
          Bubu Awards v.08 
  • Lifetime Achivement Awards 
           Dian Siswarini - XL Chief Digital Service Officer 
           Bubu Awards v.08 
  • Indonesia Service to Care Champion 2013 
          Kategori: Operator Selular  
          MarkPlus Insight 
  • The Most Youthful Brand 2013 
           Ikatan Duta Budaya dan Pariwisata Indonesia (IDBUDPARINDO) 
  • Indonesia Most Admired Companies 2013 (WIMACO 2013) 
          Warta Ekonomi 
  • The Best Public Companies Based on WAI 
           Kategori: Layanan Telekomunikasi 
           Majalah SWA dan Stern & Co.  


XL Axiata telah menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi Axis Telekom Indonesia, pada tanggal 26 September 2013.erjanjian jual beli bersyarat atau conditional sales purchase agreement (CSPA) dilakukan dengan Saudi Telecom Company (STC) dan Teleglobal Investment BV (Teleglobal), yang merupakan anak perusahaan STC.XL disebut akan membayar nilai nominal saham yang disepakati dan akan membayar sebagian dari utang dan kewajiban Axis.

  • Teleglobal akan menjual 95 persen saham di Axis kepada XL. 100 persen nilai perusahaan Axis dinilai sebesar 865 juta dollar AS, dengan catatan buku AXIS bersih dari utang dan posisi kas nol (cash free and debt free). Harga Pembayaran akan digunakan untuk membayar nilai nominal saham Axis, serta membayar utang dan kewajiban Axis. 
    Transaksi tersebut akan rampung setelah mendapatkan persetujuan pemerintah terkait dan persetujuan pemegang saham XL melalui rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB)
    Kesepakatan perjanjian jual beli bersyarat ini meliputi beberapa hal, yaitu:  
    Satu hal lagi, transaksi itu juga akan rampung apabila tidak ada perubahan dari kepemilikan spektrum.
"Kami yakin semua pemain di industri sepakat bahwa konsolidasi harus terjadi di industri telekomunikasi," kata Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengenai akuisisi ini. Merril Lynch (Singapura) Pte Ltd (Bank of America Merril Lynch) bertindak sebagai penasihat keuangan dari XL untuk transaksi ini
  

sumber :

id.wikipedia.org/wiki/XL_Axiata
https://www.google.com/search?q=xl+axiata+logo&client=firefox-a&hs=UUs&rls=org.mozilla:en-US:official&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=uS5VUs3lO4ORrQfxg4GAAw&ved=0CAkQ_AUoAQ&biw=1366&bih=621&dpr=1
 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar