Selasa, 31 Desember 2013

Proposal perencanaan pengadaan jasa pembuatan website



Proposal Perencanaan Pengadaan Jasa Pembuatan website


1.   Latar Belakang
Dewasa ini, sistem komputerisasi sudah dimanfaatkan dalam berbagai bidang tidak hanya sebagai pemanfaatan untuk memberikan kemudahan mendapatkan informasi dan telekomunikasi, tapi juga sebagai sarana untuk menambah keuntungan bagi para pengusaha entah apapun bidangnya.
Salah satu pemanfaatan teknologi komputer yang paling banyak digunakan sekarang ini adalah Internet. Saat ini, internet bukan hanya digunakan oleh golongan orang-orang tertentu. Tetapi sudah digunakan oleh berbagai lapisan masayarakat. Mulai dari Pelajar, Mahasiswa, Tenaga Pengajar, Pegawai, Pedagang, Pengusaha dll. Internet sudah seperti kebutuhan pokok untuk dapat membantu berbagai macam aktifitas masyarakat umum. Tidak terpungkiri bahkan seorang pengendara Becak pun menggunakan internet sebagai alat untuk mempromosikan jasa traveling dalam kota menggunakan becaknya. Oleh karena itu, penggunaan dan penguasaan teknologi internet sangatlah penting untuk memperluas jaringan bisnis suatu usaha.

Dalam kasus ini, teknologi internet yang tepat digunakan adalah Website. Website adalah suatu halaman yang menyajikan informasi tertentu dengan internet sebagai media penyebarannya. Dengan menggunakan website, informasi yang kita berikan secara otomatis akan tersebar secara cepat ke seluruh penjuru bagian dunia dan dapat diakses dimana pun dan kapanpun. Selain itu, penggunaan website dapat mengurangi penggunaan kertas sebagai media promosi dan penjualan. Contohnya seperti : brosur, dan pamflet. Sehingga, secara tidak langsung kita telah melakukan proses penghijauan karena berkurangnya kertas.
Oleh karena itu, kami dari ARRI Design Multimedia Corp. Membuat sebuah pengadaan jasa pembuatan, pemeliharaan, dan pembaharuan website. Dengan mengutamakan kepuasan dan keinginan client.
Disamping itu, dengan adanya pengadaan jasa pembuatan website ini dapat membantu kemajuan dan perkembangan instansi/perusahaan yang berkerjasama dengan Arri Design Multimedia Corp.

2.   Maksud dan Tujuan
Maksud dari pengadaan jasa pembuatan website ini adalah untuk:
1.   Membantu mempublikasikan keberadaan instansi atau perusahaan ke seluruh dunia.
2.   Membantu meningkatkan pelayanan dan nilai jual instansi/perusahaan yang lebih professional.
Sedangkan tujuan dari pengadaan jasa pembuatan website ini yaitu untuk mempermudah instansi/perusahaan dalam menyebarkan informasi mengenai instansi/perushaannya tersebut.

3.   Target kerja dan Sasaran
a.   Target yang ingin dicapai dalam pengadaan jasa pembuatan website ini adalah:
·         Kepuasan client atas hasil website.
·         Kerjasama yang semakin erat.
b.   Sasaran pasar dalam pengadaan jasa pembuatan website ini adalah:
1.   Pembuatan Website instansi/ perusahaan
2.   Website Sekolah
3.    Website Forum/ komunitas
4.   Website Pribadi
5.   Website Custom (fitur sesuai keingiinan Client)

3.   Nama Organisasi Pengadaan Jasa
Nama organisasi yang menyelenggarakan/melaksaankan pengadaan jasa pembuatan website ini adalah ARRI Design Multimedia Corp.
Berlokasi di Jl. Usman No.37 Rt006/04 Kelapa II Wetan Ciracas Jakarta Timur.

4.   Sumber Dana dan Perkiraan Biaya
a.   Sumber dana yang diperlukan untuk membiayai pengadaan jasa pembuatan website ini ialah modal dari para anggota organisasi.
b.   Total perkiraan biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 10.000.000,00 (sepuluh juta rupiah) untuk pembelian peralatan yang dibutuhkan untuk pembuatan website.

5.   Ruang Lingkup
Ruang lingkup/ batasan wilayah pengadaan jasa pembuatan website ini ialah jabodetabek(Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi).

6.   Jangka Waktu Pengerjaan
Jangka waktu pengerjaan pembuatan website tergantung permintaan client akan fitur-fitur yang terdapat pada website yang ingin dibuat. Perkiraan untuk pembuatan website yang paling sulit maksimal 2 bulan pembuatan dan 1 tahun perawatan, terhitung sejak penandatanganan kontrak kerja.

7.   Keluaran/Produk yang Dihasilkan
Keluaran/produk yang dihasilkan dari pengadaan jasa pembuatan website ini adalah : Website yang sesuai dengan permintaan client.



8.   Spesifikasi Teknis Pembuatan
Spesifikasi Teknis Pembuatan Website, meliputi:
a.   Subtansi teknis:
1)   Pengertian
Ø  Internet adalah yang dapat menampilkan web-nya, sedangkan web adalah yang ditampilkannya yang berupa susunan dari halaman-halaman yang menggunakan teknologi web dan saling berkaitan satu sama lain.
Ø  Website (Web) adalah halaman yang ditampilkan di internet yang memuat informasi tertentu (khusus). Web pertama kali diperkenalkan pada tahun 1992. Hal ini sebagai hasil usaha pengembangan yang dilakukan CERN di Swiss. Internet yaitu Suatu standar teknologi web saat ini sudah tersusun, meskipun penerapannya belum didukung oleh seluruh pengembang web. Standar ini disusun oleh suatu badan yaitu World Wide Web Consortium (W3C).
Ø  Nama domain atau biasa disebut dengan Domain Name atau URL adalah alamat unik di internet yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah website, atau alamat yang digunakan untuk menemukan sebuah website pada internet. Contoh nama domain ber-ekstensi internasional adalah com, net, org, info, biz, name, ws.
Ø  Web Hosting dapat diartikan sebagai ruangan yang terdapat dalam harddisk tempat menyimpan berbagai data, file-file, gambar dan lain sebagainya yang akan ditampilkan di website. Besarnya data yang bisa dimasukkan tergantung dari besarnya kapasitas dari web hosting, semakin besar kapasitas web hosting, maka semakin besar pula data yang dapat dimasukkan dan ditampilkan dalam website.
Ø Bahasa Program (Scripts Program) Adalah bahasa yang digunakan untuk menerjemahkan setiap perintah dalam website pada saat diakses. Bahasa pemrograman dapat membuat website menjadi lebih dinamis dan interaktif.Beragam bahasa program saat ini telah hadir untuk mendukung kinerja website. Bahasa pemrograman yang banyak dipakai para desainer website antara lain HTML, ASP, PHP, JSP, Java Scripts, Java applets dsb. Bahasa dasar yang dipakai setiap website adalah HTML sedangkan PHP, ASP, JSP dan lainnya merupakan bahasa pendukung yang bertindak sebagai pengatur dinamis, dan interaktifnya website.
2)   Manfaat dan keuntungan penggunaan website
Ada banyak manfaat dan keuntungan yang diperoleh dalam membangun website untuk instansi atau perusahaan antara lain :
·         Mempromosikan keberadaan nama instansi/perusahaan kepada masyarakat dunia umumnya serta masyarakat Indonesia khususnya. Kurang lebih 50 juta orang di Indonesia mengakses internet.
·         Dapat menyediakan informasi yang lengkap tentang profil instansi/perusahaan, visi dan misi, fasilitas- fasilitas yang disediakan, informasi mengenai layanan (sevice) yang diberikan, sampai dengan mambangun sebuah komunitas di dunia maya.
·         Mempermudah untuk dapat mengumpulkan tanggapan kritik dan saran dari masyarakat dunia terhadap mutu instansi/perusahaan.
·         Membangun citra instansi/perusahaan dimata masyarakat luas, dimana hal tersebut di representasikan pada tampilan website.
·         Mempermudah customer untuk mendapatkan segala informasi mengenai data-data instansi/perusahaan atau pun pelayanan yang diberi.
·         Membangun sebuah komunitas para loyal customer dimana diharapkan website tersebut dapat menjadi bagian dari proses Customer Relationship Program.
b.   Ketentuan bahan yang digunakan meliputu :
·         Rancangan website yang ingin dibuat.
·         Kumpulan data – data instasi /perusahaan yang ingin dipublikasikan.
·         Kumpulan data hasil studi terdahulu serta photografi instansi/perusahaan
·         Software – software yang mendukung pembuatan website
·        Nama domain (Domain name/URL – Uniform Resource Locator)
·        Server tempat file website (Web hosting)
·        Bahasa Program (Scripts Program)
·        Publikasi website (SEO).

c.   Ketentuan peralatan yang digunakan :
·         PC/Laptop
·         Modem
·         Wifi
·         Telepon
·         Kamera
·         UHP
·         Printer

d.   Ketentuan penggunaan tenaga ahli :
·         Tenaga ahli dalam bidang Bahasa program
·         Tenaga ahli dalam bidang design
·         Tenaga ahli dalam bidang jaringan
·         Tenaga ahli dalam bidang database

e.   Metode kerja/ prosedur pelaksanaan pekerjaan:
Tahapan  pelaksanaan  pembuatan  website  adalah  sebagai  berikut:   
1. Tahap  persiapan   :
·         Kesepakatan  antara  kedua  belah  pihak  (Client  dan  ARRI design Multimedia)
·         Penunjukan  penanggung  jawab  kontak  informasi  dari  client kemudian  ARRI design Multimedia  akan  berkomunikasi  dengan
·         Kontak  informasi  tersebut  Kontak  informasi  mengumpulkan  data  dan  informasi  berupa  arsip  dokumen  dan  foto /gambar.  
 2. Tahap  pembuatan  website  :
·         Perancangan  struktur  konten
·         Desain  grafis  website  dan  aplikasinya 
·         Pendaftaran  domain,  Hosting  server,  dan  Uploading
·         Ujicoba  website  


3.   Tahap pemiliharaan website:
·         Melakukan perbaikan jika terdapat kerusakan sesuai angka waktu peranjian

f.    Ketentuan pelayanan website yang disediakan dalam pengadaan jasa pembuatan website:
1.   Pembuatan Website instansi/ perusahaan
2.   Website Sekolah
3.    Website Forum/ komunitas
4.   Website Pribadi
5.   Website Custom (fitur sesuai keingiinan Client)

3 komentar: