Jumat, 23 Maret 2012

Program Menu Luas Bidang dengan Bahasa Pemrograman Java

Menu Luas Bidang Java






LISTING PROGRAM
import java.io.*;
  public class InputMenu { 
  public static void main(String args[]) throws IOException { 
    BufferedReader menu=new BufferedReader(new InputStreamReader (System.in));
       int pilih;
       do {
                  System.out.println("+++++++++++++++++++++++++++++++++++++");
                  System.out.println("+-------------MENU LUAS-------------+");
                  System.out.println("+++++++++++++++++++++++++++++++++++++");
                  System.out.println("+ 1.             Lingkaran                                 +");
                  System.out.println("+ 2.             Persegi Panjang                                    +");
                  System.out.println("+ 3.             Persegi                                     +");
                  System.out.println("+ 4.             Segitiga                                    +");
                  System.out.println("+ 5.             EXIT                                           +");
                  System.out.println("+===================================+");
                  System.out.print(" PILIHAN : ");
                       pilih=Integer.parseInt(menu.readLine());
                  System.out.println("+++++++++++++++++++++++++++++++++++++");
 

            }
        while (pilih<1 || pilih >5);

               if(pilih==1) {
                    System.out.println("===== Lingkaran =====");
                    BufferedReader data=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));                      
                    System.out.print("jari-jari : ");
                    int a=Integer.parseInt(data.readLine());
                    System.out.println("Luas = "+((a*a)*22/7));
                                 }
              if(pilih==2)  {
                    System.out.println("===== Persegi Panjang =====");
                    BufferedReader data=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));                      
                    System.out.print("Panjang : ");
                    int b=Integer.parseInt(data.readLine());
                   System.out.print("Lebar : ");
                   int c=Integer.parseInt(data.readLine());
                   System.out.println("Luas = "+(b*c));
                                }
             if(pilih==3)  {
                  System.out.println("===== Persegi =====");
                  BufferedReader data=new BufferedReader(new InputStreamReader (System.in));                      
                  System.out.print("sisi : ");
                  int d=Integer.parseInt(data.readLine());
                  System.out.println(" Luas = "+(d*d));
                               }
            if(pilih==4)  {
                  System.out.println("===== Segitiga =====");
                  BufferedReader data=new BufferedReader(new InputStreamReader (System.in));                      
                  System.out.print("alas : ");
                  int e=Integer.parseInt(data.readLine());
                  System.out.print("tinggi : ");
                  int f=Integer.parseInt(data.readLine());
                  System.out.println(" Luas = "+((e*f)/2));
                                }
             else if(pilih==5)       {
                  System.out.println("Anda Memilih keluar ");
                  System.exit(0);
}}}

LOGIKA PROGRAM

Pada program kali ini, saya akan membuat sebuah Program Menu Luas Bidang yang terdiri dari lingkaran, persegi panjang, persegi dan luas segitiga dengan inputan dari keyboard.   Java Application Programming Interface (API) sudah berisi ratusan kelas yang bisa digunakan untuk program anda. Kelas-kelas tersebut dikumpulkan ke dalam packages. Packages memiliki kelas yang mempunyai fungsi yang saling berhubungan. Seperti pada program kali  ini saya menggunakan kelas BufferedReader yang berada di java.io package. Package mengandung kelas-kelas yang memungkinkan program untuk melakukan input dan output data.

Dengan begitu untuk mendapatkan sebuah input dari keyboard kita perlu menambahkan code import java.io.*; pada awal program.yang akan mengeluarkan semua kelas yang berada pada paket, dan selanjutnya kita bisa menggunakan kelas-kelas tersebut pada program kita Selanjutnya deklarasikan class program. Pada program ini saya mendeklarasikan dengan nama InputMenu Saya menggunakan public class agar program kita dapat diakses oleh public. Bukan hanya kelas tertentu dan kita mendeklarasikan main method. Contoh pendeklarasiannya adalah :

public class InputMenu {

public static void main(String args[]) throws IOException {

Kemudian kita mendeklarasikan sebuah variabel bernama Menu dengan tipe kelas BufferedReader dan sebuah variable pilih dengan tipe data integer untuk . Contohnya :

BufferedReader menu=new BufferedReader(new InputStreamReader (System.in));

int pilih;

Selanjutnya kita menggunakan perulangan do-while untuk mendeklarasikan sebuah menu pilihan. Untuk menampilkan sebuah tulisan pada program java kita menggunakan perintah System.out.print atau System.out.println.seperti berikut :

do {

System.out.println("+++++++++++++++++++++++++++++++++++++");

System.out.println("+-------------MENU LUAS-------------+");

System.out.println("+++++++++++++++++++++++++++++++++++++");

System.out.println("+ 1.             Lingkaran                                 +");

System.out.println("+ 2.             Persegi Panjang                                    +");

System.out.println("+ 3.             Persegi                                     +");

System.out.println("+ 4.             Segitiga                                    +");

System.out.println("+ 5.             EXIT                                           +");

System.out.println("+===================================+");

System.out.print(" PILIHAN : ");

pilih=Integer.parseInt(menu.readLine());

System.out.println("+++++++++++++++++++++++++++++++++++++");

}

        do maksudnya lakukan yaitu mencetak kata-kata yang ditentukan dan whilenya masukan pilih lebih dari satu atau pilih kurang dari 5  while (pilih<1 || pilih >5);

Sedangkan yang dimaksud blok program

pilih=Integer.parseInt(menu.readLine());

method diatas memanggil menu.readLine(), mendapatkan input dari user dan memberikan sebuah nilai integer. Nilai ini akan disimpan ke dalam variabel pilih, yang akan kita gunakan pada statement akhir untuk menyambut user atau menunggu input dari user.

Kemudian gunakan perulangan if-else. Jika  pilih sama dengan 1 maka program akan langsung mengeksekusi subprogram luas lingkaran.yang lain pun seperti itu jika kita input 2 saat pilihan menu, maka program akan langsung menjalankan subprogram persegi panjang begitu seterusnya. Pada setiap subprogram user diminta untuk menginput beberapa nilai yang dibutuhkan untuk penghitungan setelah nilai diinput subprogram langsung menghitung luas dengan rumus yang telah di deklarasikan progremer sebelumnya. Untuk mengakhiri program kita hanya memilih 5 pada menu pilihan.





OUTPUT PROGRAM 

















Intan Ratna Puri (53410572)
Nurjanah (55410176))
2ia08
Pemrograman Berbasis Objek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar