Selasa, 29 Januari 2013

Transformasi Objek 3D

Pada Postingan saya kali ini, saya akan menjelaskan sedikit materi mengenai pembuatan sebuah objek bazooka dan mejanya yang terdapat dalam sebuah ruangan museum.



3 dimensi biasa disebut 3D atau adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Grafik 3 Dimensi merupakan teknik penggambaran yg berpatokan pada titik koordinat sumbu x(datar), sumbu y(tegak), dan sumbu z(miring).Representasi dari data geometrik 3 dimensi sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Grafik 3D merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi.
Untuk model animasi 3D, objek atau model tersebut dibuat dengan komputer dengan menggunakan software tertentu, seperti 3Ds max, Blender, Auto Cad atau lainnya, yang kemudian dirangkakan dengan tulang rangka virtual untuk membuat efek 3 dimensi nya. 
 
Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai Objek 3 Dimensi yang saya buat dengan menggunakan Blender. Objek yang saya buat adalah sebuah bangunan rumah sederhana. Saya menggunakan Aplikasi ini karena Open Source, dibandingkan jika menggunakan 3Ds Max.



Objek 3D

             Saya akan menjelaskan objek – objek dasar apa yang saya gunakan dalam membuat sebuah objek senjata bazooka dengan mejanya seperti yang terdapat didalam sebuah ruangan museum. Objek dasar yang saya gunakan antara lain adalah cylinder, box atau cube. Cyllinder saya gunakan untuk membuat objek bazooka sedangkan box saya gunakan untuk membuat sebuah meja museum. Berikut ini saya akan jelaskan fungsi dari objek-objek dasar tersebut.
·         Cylinder
Sebuah silinder adalah salah satu bentuk yang paling dasar geometris lengkung, permukaan yang dibentuk oleh titik-titik pada jarak tetap dari suatu ruas garis yang diketahui, sumbu silinder. Padat tertutup oleh permukaan ini dan oleh dua pesawat tegak lurus terhadap sumbu juga disebut silinder.

·         Box/ Cube
Box (kotak jamak) menggambarkan berbagai wadah dan wadah untuk digunakan permanen sebagai penyimpanan, atau untuk penggunaan sementara sering untuk mengangkut isinya.



Modifikasi Objek

Setelah kita memasukan bentuk-bentuk umum tersebut, selanjutnya kita mulai modifikasi bentuknya agar bentuk dasar menyerupai bentuk objek yang diinginkan. Disini saya menggunakan scale, extrude, grab mode, rotate pada objek yang ingin dimodifikasi. Fungsi Scale adalah digunakan untuk memperbesar atau memperkecil objek. Jadi cyllinder tadi akan kita lalukan scale agar sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Scale ini juga dapat di perbesar atau diperkecil sesuai dengan sumbunya, yaitu x, y, atau z. Scale dapat juga dilakukan dengan menekan tombol shortcut S.

Extrude memiliki fungsi untuk menumbuhkan geometri baru dari geometri yang telah ada. Biasanya digunakan untuk menumbuhkan sesuatu dari permukaan face. Denagn menekan tombol shortcut E. Jadi kita dapat membuat geometri baru sehingga bentuk Cyllinder tersebut dapat menyerupai bentuk bazooka. Pada fasilitas toolbox terdapat interactive extrude tool di dalam interactive effects tool. Setelah diaktifkan, format 3D dapat diatur melalui bagian presets yang ada pada fasilitas property bar


Grab mode berfungsi untuk melanjutkan modifikasi yang telah kita lakukan sebelumnya, jika kita mengextrude objek dan extrudenya kurang sesuai, agar lebih sesuai maka kita lakukan grab mode dengan menekan tombol shortcut G.

Rotate digunakan untuk memutar objek cyllindet agar lebih mudah dimodifikasi menyerupai Cyllinder. Kita dapat merotasi objek sesuai sumbu x,y,z. caranya dengan menekan tombol shortcut R.
  
Hasil dari modifikasi diatas adalah seperti gambar dibawah ini :



 
Namun, jika pada cylinder saya tidak hanya menggunakan scale, extrude, grab mode, dan rotate saja, tapi juga menggunakan penggandaan objek untuk membuat sebuah penyanggah untuk meletakan bazooka sebanyak satu kali. Pada blender, dapat menggunakan fungsi duplikat dengan menggunakan shourtcut “SHIFT + D” pada keyboard. Setelah terduplikasi, kita letakkan pada bagian bawah bazooka yang telah kita buat.


Objek Materia
 l
         Material adalah memberikan efek/kesan tertentu pd objek shingga tampak mendekati objek sesungguhnya sesuai yang diinginkan.material beton berbeda dgn kayu & baja. Agar suatu objek sperti objek sesungguhnya maka berikan efek-efek material pd objek tsb.
Shader adalah sebuah program yang digunakan dalam 3D software tertentu (softimage) dalam proses special rendering. Biasanya shader diperlukan untuk memenuhi kebutuhan special effect tertentu atau menentukan karakteristik material pada permukaan objek seperti lighting effects, atmosphere,fog dan sebagainya.

*Terdapat 3 jenis shader :
1. Vertex Shader
Berkaitan dengan vertex (titik) dari suatu objek 3D. Pembuatan, perubahan bentuk objek ditangani disini.
2. Geometry Shader
Hanya ada di DirectX 10. Geometry Shader menjembatani Vertex Shader dengan Pixel Shader.
3. Pixel Shader
Bertanggung jawab pada masalah lighting, semua visual efek ada disini. Warna akhir dari suatu pixel ditentukan disini.

Setelah itu, tambahkan pewarnaan objek. Kemudian lakukan tambahan texture pada bazooka dan mejanya untuk membuat bazooka dan mejanya agar terlihat seperti aslinya. Dengan memasukkan texture gamabr ABRI ( ijo loreng-loreng). Dan texture stone untuk texture meja museum. Jika di 3Ds Max,dikenal dengan Texture Mapping. Maka hasilnya akan seperti ini:


 

ini hasil setelah saya memberikan sedikit tambahan objek-objek untuk melengkapi objek-objek yang sebelumnya kita buat.



Sumber:
http://ratnapuriintan.blogspot.com/2012/10/desain-dan-pemodelan-grafis.html
http://ratnapuriintan.blogspot.com/2012/11/macam-macam-objek-3d.html
http://ratnapuriintan.blogspot.com/2012/11/macam-macam-modifier.html
http://ratnapuriintan.blogspot.com/2012/12/menggandakan-sebuah-objek.html
http://ratnapuriintan.blogspot.com/2012/12/objek-material.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar