Pada Postingan saya kali ini, saya akan menjelaskan sedikit materi mengenai pembuatan sebuah objek bazooka dan mejanya yang terdapat dalam sebuah ruangan museum.
3 dimensi biasa disebut 3D atau adalah bentuk
dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Grafik 3 Dimensi merupakan
teknik penggambaran yg berpatokan pada titik koordinat sumbu x(datar), sumbu
y(tegak), dan sumbu z(miring).Representasi dari data geometrik 3 dimensi
sebagai hasil dari pemrosesan dan pemberian efek cahaya terhadap grafika
komputer 2D. Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D
secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Grafik 3D
merupakan perkembangan dari grafik 2D. Didalam grafika komputer, 3D merupakan
bentuk grafik yang menggunakan representasi data geometri tiga dimensi.
Untuk
model animasi 3D, objek atau model tersebut dibuat dengan komputer dengan
menggunakan software tertentu, seperti 3Ds max, Blender, Auto Cad atau lainnya,
yang kemudian dirangkakan dengan tulang rangka virtual untuk membuat efek 3
dimensi nya.
Pada
postingan kali ini saya akan membahas mengenai Objek 3 Dimensi yang saya buat
dengan menggunakan Blender. Objek yang saya buat adalah sebuah bangunan rumah
sederhana. Saya menggunakan Aplikasi ini karena Open Source, dibandingkan jika
menggunakan 3Ds Max.
Objek 3D
Saya akan menjelaskan objek – objek dasar apa
yang saya gunakan dalam membuat sebuah objek senjata bazooka dengan mejanya
seperti yang terdapat didalam sebuah ruangan museum. Objek dasar yang saya
gunakan antara lain adalah cylinder, box atau cube. Cyllinder saya gunakan
untuk membuat objek bazooka sedangkan box saya gunakan untuk membuat sebuah
meja museum. Berikut ini saya akan jelaskan fungsi dari objek-objek dasar
tersebut.
Sebuah silinder adalah salah satu bentuk yang paling dasar
geometris lengkung, permukaan yang dibentuk oleh titik-titik pada jarak tetap
dari suatu ruas garis yang diketahui, sumbu silinder. Padat tertutup oleh
permukaan ini dan oleh dua pesawat tegak lurus terhadap sumbu juga disebut
silinder.
·
Box/ Cube
Box
(kotak jamak) menggambarkan berbagai wadah dan wadah untuk digunakan permanen
sebagai penyimpanan, atau untuk penggunaan sementara sering untuk mengangkut
isinya.
Modifikasi Objek
Setelah
kita memasukan bentuk-bentuk umum tersebut, selanjutnya kita mulai modifikasi
bentuknya agar bentuk dasar menyerupai bentuk objek yang diinginkan. Disini
saya menggunakan scale, extrude, grab mode, rotate pada objek yang ingin dimodifikasi. Fungsi Scale adalah digunakan untuk memperbesar atau
memperkecil objek. Jadi cyllinder tadi akan kita lalukan scale agar sesuai
dengan ukuran yang kita inginkan. Scale ini juga dapat di perbesar atau
diperkecil sesuai dengan sumbunya, yaitu x, y, atau z. Scale dapat juga
dilakukan dengan menekan tombol shortcut S.
Extrude memiliki fungsi untuk menumbuhkan geometri baru dari geometri yang telah ada. Biasanya digunakan untuk menumbuhkan sesuatu dari permukaan face. Denagn menekan tombol shortcut E. Jadi kita dapat membuat geometri baru sehingga bentuk Cyllinder tersebut dapat menyerupai bentuk bazooka. Pada fasilitas toolbox terdapat interactive extrude tool di dalam interactive effects tool. Setelah diaktifkan, format 3D dapat diatur melalui bagian presets yang ada pada fasilitas property bar
Grab mode berfungsi
untuk melanjutkan modifikasi yang telah kita lakukan sebelumnya, jika kita
mengextrude objek dan extrudenya kurang sesuai, agar lebih sesuai maka kita
lakukan grab mode dengan menekan tombol shortcut G.
Rotate
digunakan untuk memutar objek cyllindet agar lebih mudah dimodifikasi
menyerupai Cyllinder. Kita dapat merotasi objek sesuai sumbu x,y,z. caranya
dengan menekan tombol shortcut R.
Hasil
dari modifikasi diatas adalah seperti gambar dibawah ini :
Namun,
jika pada cylinder saya tidak hanya menggunakan scale, extrude, grab mode, dan
rotate saja, tapi juga menggunakan penggandaan objek untuk membuat sebuah
penyanggah untuk meletakan bazooka sebanyak satu kali. Pada blender, dapat
menggunakan fungsi duplikat dengan menggunakan shourtcut “SHIFT + D” pada keyboard. Setelah terduplikasi, kita letakkan pada
bagian bawah bazooka yang telah kita buat.
Objek Materia
l
Material adalah
memberikan efek/kesan tertentu pd objek shingga tampak mendekati objek
sesungguhnya sesuai yang diinginkan.material beton berbeda dgn kayu & baja.
Agar suatu objek sperti objek sesungguhnya maka berikan efek-efek material pd
objek tsb.
Shader
adalah sebuah program yang digunakan dalam 3D software tertentu (softimage)
dalam proses special rendering. Biasanya shader diperlukan untuk memenuhi
kebutuhan special effect tertentu atau menentukan karakteristik material pada
permukaan objek seperti lighting effects, atmosphere,fog dan sebagainya.
*Terdapat 3 jenis
shader :
1.
Vertex Shader
Berkaitan dengan
vertex (titik) dari suatu objek 3D. Pembuatan, perubahan bentuk objek ditangani
disini.
2.
Geometry Shader
Hanya ada di
DirectX 10. Geometry Shader menjembatani Vertex Shader dengan Pixel Shader.
3.
Pixel Shader
Bertanggung
jawab pada masalah lighting, semua visual efek ada disini. Warna akhir dari
suatu pixel ditentukan disini.
Setelah itu, tambahkan pewarnaan objek.
Kemudian lakukan tambahan texture pada bazooka dan mejanya untuk membuat bazooka
dan mejanya agar terlihat seperti aslinya. Dengan memasukkan texture gamabr
ABRI ( ijo loreng-loreng). Dan texture stone untuk texture meja museum. Jika di
3Ds Max,dikenal dengan Texture Mapping. Maka hasilnya akan seperti
ini:
ini hasil setelah saya memberikan sedikit tambahan objek-objek untuk melengkapi objek-objek yang sebelumnya kita buat.
Sumber:
http://ratnapuriintan.blogspot.com/2012/10/desain-dan-pemodelan-grafis.html
http://ratnapuriintan.blogspot.com/2012/11/macam-macam-objek-3d.html
http://ratnapuriintan.blogspot.com/2012/11/macam-macam-modifier.html
http://ratnapuriintan.blogspot.com/2012/12/menggandakan-sebuah-objek.html
http://ratnapuriintan.blogspot.com/2012/12/objek-material.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar