Jumat, 05 Oktober 2012

Desain dan Pemodelan Grafis


Desain dan Pemodelan Grafis

Apa kalian tahu apa yang dimaksud desain  dan pemodelan grafis ??


Dalam dunia komputer, suatu sistem grafis seperti desain dan pemodelan adalah salah satu faktor yang sangat penting. Dengan adanya sistem grafis para user mudah mendapatkan output atau keluaran dari inputan yang mereka masukan. karena sistem grafis merupakan output utama yang akan dikeluarkan oleh komputer untuk berinteraksi dengan penggunanya.

    Jika suatu komputer kehilangan fungsi sistem grafis, nilai guna komputer tersebut sebagai pemroses akan jauh berkurang dibanding dengan komputer yang memiliki sistem grafis. Dan komputer tersebut akan mempersulit penggunannya untuk mengartikan hasil atau maksud dari perintah(input) yang dia berikan. 
    Kali ini saya akan menberikan sedikit penjelasan mengenai desain dan pemodelan grafis yang saya kutip dari beberapa sumber.


Desain Grafis

     Desain grafis adalah sebuah proses kreatif dalam bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin dengan kata lain desain grafis adalah proses kreatif yang mengkombinasikan sebuah seni dan teknologi yang memberikan kebebasan kepada perancang untuk memilih, menciptakan atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto,tulisan, dan garis diatas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan dikomunikasikan sebagai sebuah pesan . Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).


    Gambar maupun tanda yang digunakan bisa berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi. Desain Grafis juga merupakan ilmu yang mempelajari tentang media untuk menyampaikan informasi, ide, konsep, ajakan dan sebagainya kepada khalayak dengan menggunakan bahasa visual. Baik itu berupa tulisan, foto, ilustrasi dan lain sebagainya. Desain grafis adalah solusi komunikasi yang menjembatani antara pemberi informasi dengan publik, baik secara perseorangan, kelompok, lembaga maupun masyarakat secara luas yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi visual. 
Ada beberapa software yang digunakan dalam desain grafis:

Desktop Publishing
1.    Adobe Photoshop
2.    Adobe Illustrator
3.    Adobe Indesign
4.    Coreldraw
5.    GIMP
6.    Inkscape
7.    Macromedia Freehand


Pemodelan Grafis


    Pemodelan disini menurut saya adalah membentuk suatu benda-benda atau obyek, atau membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Namun grafis  disini menurut saya adalah suatu proses pembuatan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra.
    Sehingga pemodelan grafis adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang membuat dan menciptakan obyek baru berupa seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya yang direkayasa perangkat lunak merupakan suatu hal yang dilakukan di tahapan awal untuk pembuatan,penyimpanan,dan manipulasi model dan citra. Desain Pemodelan Grafis juga berkaitan erat dengan grafik computer.

Dibawah ini adalah 2 bentuk dari grafik computer :

• Grafik komputer 2D; merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi menggunakan teknik penggambaran dimana memiliki patokan titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak).
• Grafik komputer 3D merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. perbedaan dengan grafik 2D pada pemodelan 3D memiliki 3 titik kordinat yakni titik x, y, dan z.

Berikut kegiatan yang terkait dengan grafik komputer :
  • Pemodelan geometris yaitu menciptakan model matematika dari objek- objek 2D dan 3D.
  • Rendering yaitu memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
  • Animasi yaitu menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu. 
  • Kerangka Grafik Komputer.
  • Graphic library/package (contoh:Open GL) adalah perantara aplikasi dan display hardware (Graphic System.
  • Application program memetakan objek aplikasi ke tampilan/citra dengan memanggil graphics library.
  • Hasil dari interaksi user menghasilkan/modifikasi citra.
  • Citra merupakan hasilakhir dari sintesa, desain, manufaktur, visualisasi dll.

    Setelah kita mengerti apa definisi dari pemodelan grafik,sekarang kita bahas dari sisi jenis nya,secara garis besar jenis grafik itu terbagi atas bitmap dan vektor. Grafis Bitmap adalah objek gambar yang dibentuk berdasarkan raster/pixel/dot/titik/point koordinat dan warna. Semakin banyak jumlah titik yang membentuk suatu grafis bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini yang buat grafis  semakin kelihatan halus, tetapi kapasitas filenya pun relatif semakin besar.

    Ketajaman warna dan detail gambar pada tampilan bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut. Hal ini berkaitan dengan kemampuan monitor dan VGA pada device yang kita gunakan. Jika gambar tampilan bitmap berresolusi tinggi di tampilkan pada monitor yang resolusi nya rendah akan mengakibatkan gambar keihatan kasar (ibarat kata nggak ngangkat, kayak kualitas bagus di setel di kualitas kurang bagus), bahkan terlihat kabur berbentuk kotak-kotak jika kita zoom in atau perbesar. Satuan untuk ukuran grafis jenis bitmap ini adalah dpi ( dot per inch ) yang berarti banyaknya titik dalam satu inci.


    Selain grafis jenis bitmap, ada grafis jenis vektor yang merupakan perkembangan dari sistem grafis bitmap. Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu.  Grafis ini tidak tergantung pada banyaknya pixel penyusunnya dan kondisi monitor karena tampilan vektor tersusun atas garis-garis. Sehingga Tampilan akan terlihat jelas walaupun kita  zoom in atau kita gede in.


   Penggunaan titik-titik koordinat dan rumus-rumus tertentu dapat menciptakan bermacam-macam bentuk grafis, seperti lingkaran, segitiga, bujur sangkar dan poligon. sehingga , pemakaian grafis vektor akan lebih irit dari segi volume file.



Sekian tulisan dari saya semoga bermanfaat bagi pembaca. Mohon kritik dan saran agar saya dapat memperbaikinya ditulisan saya yang berikutnya. Terima Kasih.

sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar