Selasa, 09 November 2010

LA AP Ke5

Listing Program

1.    1.   import java.util.Scanner;
      class fatan 
{
public static void main(String[] ftn)
            {
                        Scanner fatan = new Scanner(System.in);
System.out.print("Nama  :");


 
String Nama = fatan.nextLine ();
                        Scanner fatan1 = new Scanner(System.in);
                        System.out.print("Kelas :");
                        String Kelas = fatan1.nextLine ();
                        Scanner fatan2 = new Scanner(System.in);
                        System.out.print("NPM   :");
                        String NPM = fatan2.nextLine ();
                        System.out.println("*************");
                        System.out.println("Nama  :" +Nama);
                        System.out.println("Kelas :" +Kelas);
                        System.out.println("NPM   :" +NPM);
            }
}


2.    2.    import javax.swing.JOptionPane;
class fatan2
{
            public static void main(String[] ftn)
            {
                        String Nama = JOptionPane.showInputDialog("Nama :");
                        String Kelas = JOptionPane.showInputDialog("Kelas :");
                        String NPM = JOptionPane.showInputDialog("NPM :");
JOptionPane.showMessageDialog(null,"Nama :"+Nama+"\n Kelas :"+Kelas+"\n NPM :"+NPM,"Judul", JOptionPane.INFORMATION_MESSAGE);
            }
}

Logika Program

            Pada praktikum minggu kemarin kita belajar menggunakan instruksi inputan yang ada dalam bahasa pemrograman java. Dalam bahasa java terdapat 3 jenis inputan, antara lain :
·         Scanner
·         JOptionPane
·         Bufferrider
Pada program pertama kita menggunakan jenis inputan scanner. Untuk menerima input, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan package yang disediakan oleh Java, yaitu: java.util.Scanner;
Sehingga dalam kode, harus kita sertakan
(impor).import java.util.Scanner;
Dalam kode (class) utama, jangan lupa untuk disisipkan. Kode utama ini digunakan untuk menampilkan insialisasi nilai awal.                                            
Kemudian gunakan variabel sebagai penerima inputan untuk menampilkan insialisasi nilai awal.
Untuk menampilkan isi inputan dalam variabel, kita menggunakan intruksi system.out.println.

            Pada program kedua kita menggunakan jenis inputan JOptionPane. Java menyediakan proses input dan output data berbasis grafis yaitu kita dapat menggunakan kelas JOptionPane. Kelas ini terdapat pada package javax.swing maka ketika kita akan menggunakan class ini pada setiap kode program.
Contohnya :
import javax.swing.JOptionPane;
Beberapa method yang biasa digunakan antara lain :
·         showInputDialog() : Digunakan untuk menerima input data melalui keyboard. 
·         showMessageDialog() : digunakan untuk menampilkan pesan ke layar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar