Selasa, 02 November 2010

LA AP Ke5


Listing Program
1.      class intan {
    public static void main( String [] args) {
System.out.println("1. Luas Segiga");
System.out.println("2. Luas Persegi");
System.out.println("3. Luas Persegi Panjang");
int p, l, pil;
p = 10;
l = 5;
pil = 3;
System.out.println("Masukkan pil    :" +pil);
System.out.println("p   =" +p);
System.out.println("l   =" +l);
            switch(pil) {
                        case 1:
           System.out.println("p*l");
            break;
                        case 2:
            System.out.println("p*l");
            break;
                        default:
            System.out.println("Luas    =" +p*l);
            break;
            }
    }
}



2.      class intan {
    public static void main( String [] args) {
 int nilai = 60;
System.out.println("Nama    : Intan Ratna Puri");
System.out.println("Kelas   : 1IA15");
System.out.println("NPM     : 53410572");
System.out.println("Nilai   :" +nilai);
        if (nilai >70){
            System.out.println("Kamu Lulus");
        }
        else {
            System.out.println("Kamu Gagal");
               }
      }
}

Logika Program
Pada program pertama kita menggunakan percabangan SWITCH . Terkadang penggunaan percabangan if bertingkat sering mempersulit pembaca program. Untuk mengatasi hal tersebut, kita dapat menggunakan instruksi percabangan switch dan break. Switch adalah pernyataan yang digunakan untuk melompat ke suatu pernyataan tertentu atau blok tertentu berdasarkan harga suatu ungkapan yang cocok dengan harga integer tertentu.
            Case pada percabangan ini berfungsi sebagai pemulai atau awal start dilakukannya eksekusi perintah yang diminta. Pada setiap case harus diakhiri dengan break, karena ketika proses sudah selesai maka akan berlanjut ke baris program berikutnya, tidak akan menjalankan case yang lainnya. Pada bagian akhir yaitu blok default boleh tidak diberikan akhiran break, karena secara otomatis proses akan keluar jika semua instruksi telah selesai dilakuukan.bentuk percabangan switch akan memberikan proses lebuh cepat, karena akan mengeksekusi instruksi yang sama dengan syarat yang ditentukan.
Pada Program kedua kita menggunakan bentuk percabangan IF THEN ELSE ( IF TUNGGAL). Bentuk percabangan if then else (if tunggal) merupakan ungkapan computer untuk memilih salah satu aksi yang akan dilakukan tergantung pada suatu kondisi tertentu.
  Blok instruksi setelah if akan dikerjakan jika hasil logika dari pernyataan relasi benar. Jika kita menggunakan pernyataan relasi yang lebih dari satu maka menggunakan operator logika AKD ( &,& ), OR ( /, / ) dan NOT (!). Tanda tanda [dan] bersifat optional artinya bisa ada dan bisa juga tidak ada. Bentuk pernyataan if merupakan bentuk dasar proses perulangan yang akan menjalankan instruksi dalam blok jika syarat dipeniuhi.

Output Program
Program 1
Program 2

1 komentar:

  1. wah taratengkyuuu intaaan....

    eh ntan logika e gu smain ae lah...gu bingung nie ngarang"....hhehehe

    gpp kan intan ratna purii...hheheheh

    BalasHapus